Jika salah pilih instrumen investasi, bisa-bisa kamu akan menuai kerugian, . Hindari berbagai risiko investasi dengan 6 instrumen investasi 100 ribu aman berikut ini.

Pengertian Investasi yang Aman

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi investasi adalah penanaman modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Kegiatan investasi sejatinya banyak dilakukan untuk melindungi dan meningkatkan kekayaan seseorang.

Tak jarang, investasi dilakukan dalam jumlah dana yang besar. Tujuannya tidak lain dari megharapkan keuntungan yang besar. Sayangnya, masalah keamanan investasi masih sering membuat calon investor yang akan berinvestasi menjadi takut.

Mulai dari investasi bodong, keuntungan di bawah ekspektasi hingga pengelola investasi yang hit n run usai modal kita tanamkan. Jika kamu termasuk calon investor yang masih takut akan sekian risiko tersebut, artikel ini akan memberikan informasi yang kamu butuhkan.

Sebab, di sini terdapat rekomendasi investasi aman yang cocok untuk pemula karena untuk memulainya tidak butuh modal besar. Bahkan, anak muda yang baru merintis karier pun sudah bisa lho berinvestasi.

Nah, bila kamu masih bingung ingin investasi yang aman dengan modal kecil kamu bisa memilih 6 pilihan investasi mulai 100 ribu berikut ini.

  • Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu investasi aman berikutnya yang wajib kamu pilih. Selain aman karena dikelola oleh seseorang atau sekelompok orang, tentunya keuntungan yang kamu dapat akan dibagi rata.

Dana yang dikumpulkan pada investasi jenis reksadana biasanya dikumpulkan secara kolektif sebelum disalurkan oleh pada beberapa pilihan tempat penanaman saham.

  • Deposito Berjangka

Investasi aman dengan modal kecil lainnya yakni deposito berjangka. Deposito sendiri yakni cara menyimpan dana dengan periode atau jangka waktu tertentu. Bentuk investasi ini memiliki resiko yang rendah dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Namun, kamu tidak bisa mencairkan deposito sebelum tanggal jatuh tempo yang ditentukan. Deposito berjangka memiliki tanggal jatuh tempo yang jelas. Dengan mencarikan deposito sebelum tanggal jatuh tempo tentunya akan ada penalti yang diberikan oleh bank.

Akan tetapi, semakin lama atau semakin besar dana yang kamu depositokan maka semakin banyak pula bunga yang kamu dapat dari hasil deposito. 

  • Nabung Saham

Investasi saham kini lebih terjangkau sejak adanya program nabung saham milik Bursa Efek Indonesia (BEI). Sekadar informasi, investasi aman satu ini tidak ada bedanya dengan kepemilikan sebuah perusahaan.

Dengan memiliki saham di perusahaan, kamu berhak untuk mendapatkan bagian dari keuntungan yang perusahaan tersebut dapatkan. Investasi ini pada umumnya menawarkan hasil yang tinggi namun dengan resiko yang tinggi pula. Resiko yang mungkin saja terjadi yakni menurunnya harga saham dalam jangka waktu yang cepat.

Tapi jangan salah, bila perusahaan memiliki keuntungan yang tinggi maka keuntungan yang kamu dapatkan juga tinggi. Untuk mengantisipasi, pilihlah perusahaan yang jelas dan selalu pantau harga saham tiap perusahaan yang akan kamu beli.

  • Asuransi Jiwa + Unit Link

Investasi aman jenis asuransi jiwa berkembang pesat pada 2019 dengan kinerja keuntungan sebesar 19,7%. Investasi jenis ini biasanya sepaket dengan produk proteksi. Dengan memilih dan membeli polis asuransi jiwa degan embel-embel unit link, maka nantinya kamu akan mendapatkan dua keuntungan yakni manfaat investasi dan manfaat asuransu.

Awalnya, nanti kamu akan diberikan dengan simulasi pembayaran premi dan akumulasi saldo. Biasanya dana setor premi berkisar satu juta atau lebih sesuai dengan polis yang kamu akan beli.

  • Peer-to-Peer (P2P) Lending

Bentuk investasi aman lainnya yakni crowdfunding Indonesia peer-to-peer lending. Investasi aman ini berupa wadah untuk meminjam dana yang berasal dari investor yang nantinya akan diberikan UKM yang menjadi pihak yang meminjam dana.

Investasi ini pun memungkinkan investor untuk memilih sendiri tingkat resiko yang kemungkinan diterima. Tingkatan resiko tersebut yakni low risk, medium, hingga high risk. Setiap jenis resiko yang diambil akan memiliki bunga kompetitifnya masing-masing, hampir mencapai 18% per tahun. Dana awal untuk membuka investasi jenis peer-to-peer lending dimulai dari 100 ribu rupiah. 

  • Emas

Terakhir, investasi aman yang menggunakan modal kecil adalah investasi logam mulia atau emas. Tren investasi ini sering dipilih karena mengalami peningkatan setiap tahunnya. Logam mulia memiliki peningkatan yang cenderung stabil sehingga memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Investasi aman jenis ini juga menggunakan modal kecil sehingga tidak menyita banyak dana yang kamu miliki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.