Alasan Penting Menggunakan Face Shield

Semenjak munculnya covid-19 atau disebut dengan virus corona, saat ini makin banyak orang yang menggunakan face shield. Alat ini digunakan sebagai pelengkap untuk melindungi diri. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui mengapa harus menggunakan face shield. Berikut ini akan kami bahas mengenai beberapa alasan mengapa penting untuk menggunakan face shield, antara lain :

Apa Saja Alasan Penting Menggunakan Face Shield?

 

  • Melindungi dari Partikel Aerosol

Sebuah studi yang pernah dilakukan mengungkap bahwasannya proteksi dengan tingkat efektifitas yang mencapai hingga 10 kali terhadap aerosol yaitu dengan menggunakan face shield.  Dari hasil penelitian tersebut telah menunjukkan bahwasannya penggunaan dari alat tersebut dapat menghindari droplet hingga pada jarak 60 cm. 

Dengan demikian fungsi dari face shield ini memang cukup efektif dalam mencegah agar partikel kecil tidak masuk ke dalam rongga hidung, mata ataupun mulut yang merupakan tempat masuknya virus.

  • Mencegah Menyentuh Wajah

Alasan berikutnya kenapa penting untuk menggunakan face shield yaitu mencegah untuk kita menyentuh wajah. Karena seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa seseorang tentunya cenderung untuk menyentuh wajah dan hal tersebut sangatlah berbahaya bagi penyebaran virus. 

Studi yang dilakukan oleh beberapa ahli ini menemukan bahwasannya face shield bisa dijadikan standar untuk kelengkapan alat perlindungan diri yang dapat dipakai oleh para petugas kesehatan yang memang kerap kali bersinggungan dengan resiko kerja.

  • Lebih Praktis dan Dapat Dipakai Berulang

Face shield mempunyai banyak sekali kelebihan, berbeda jika dibanding dengan masker yang seringkali bersifat sekali pakai. Selama face shield tersebut Anda bersihkan dan rawat dengan baik, maka dapat digunakan secara berulang-ulang. 

Oleh karena itulah penting untuk Anda membersihkan face shield sesaat setelah menggunakannya. Anda bisa membersihkannya menggunakan sabun dan dibilas dengan air bersih. Atau Anda juga bisa menggunakan cairan desinfektan agar jauh lebih aman lagi.

  • Lebih Nyaman

Beberapa pengguna bahkan mengaku bahwa menggunakan face shield lebih nyaman digunakan jika dibandingkan dengan menggunakan masker. Terutama untuk beberapa golongan, seperti orang-orang yang berkacamata karena tidak menimbulkan uap di bagian lensa. 

Dan juga pemakai yang mempunyai keterbatasan seperti contohnya tunarungu, karena memang membutuhkan interaksi dengan membaca gerakan mulut lawan bicaranya. Jika dibandingkan dengan masker, di sini face shield jauh lebih praktis karena cukup dibiarkan saja tanpa perlu harus dilepaskan atau ditarik. Dan jika diperlukan, tentunya alat ini jauh memberikan proteksi yang lebih aman. 

Itulah tadi beberapa ulasan yang dapat kami uraikan mengenai apa saja alasan mengapa penting menggunakan face shield sebagai salah satu sarana untuk melindungi dari paparan covid 19. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat  .

Leave a Reply

Your email address will not be published.