Juru Bicara Wakil Presiden (Jubir Wapres) Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi menegaskan kembali bahwa sebaiknya polemik kehalalan vaksin AstraZeneca diakhiri. Pasalnya, Ma'ruf sudah mengatakan saat bahwa vaksin tersebut awalnya memang haram tapi dibolehkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). "Karena masalahnya itu tidak ada di situ, masalahnya itu sudah boleh, masyarakat tidak perlu ragu lagi, apalagi kalau ada yang menyatakan AstraZeneca itu halal maka kebolehannya bertambah," kata Masduki dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/3/2021).

Masduki menyebut, saat ini justru yang difokuskan adalah bagaimana tercapainya herd immunity. "Kapan ketersediaan vaksin misalnya bisa terwujud, lalu langkah langkah percepatannya seperti apa, bagaimana melibatkan tokoh tokoh masyarakat di daerah misalnya soal distribusinya, logistiknya," tamnbahnya Menurutnya, bicara persoalan manajemen lebih utama, ketimbang sibuk kepada hal yang sebenarnya tidak ada masalah.

"Kalau ada hambatan misalnya, mungkin hanya kecil hambatan itu, apalagi ulama ulama di Jawa Timur sudah menggunakan vaksin AstraZeneca, lalu kemudian pesantren pesantren juga sudah melaksanakan vaksin AstraZeneca," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.