Tinggi Fundus uteri adalah ukuran tertinggi dari posisi rahim yaitu jarak puncak dari bagian tulang panggul dengan bagian paling atas perut. Ukuran tinggi fundus ini menjadi salah satu cara untuk memantau perkembangan janin. Berikut cara mengukur fundus uteri yang dapat dilakukan. 

Cara Mengukur Fundus Uteri

Pengukuran Fundus Uteri ini dilakukan oleh dokter pada trimester dua dan tiga. Bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Caranya dimulai dengan buang air kecil terlebih dahulu hingga kandung kemih kosong. Posisikan tubuh dengan berbaring di permukaan yang rata.  

Setelah itu, temukan tulang kemaluan yang bentuknya mirip tulang punggung tapi ukurannya kecil. Letaknya tepat di atas kemaluan yang biasanya tertutup dengan rambut kemaluan. Setelah menemukannya, baru cari bagian fundus yang letaknya di atas uterus berada di sekitar pusar. 

Rilekskan perut saat akan melakukan pemeriksaan. Pijat lembut di area bagian atas dan bawah pusar. Buat Anda yang usia kehamilan mendekati 20 minggu fundusnya terletak di bawah perut. Lakukan pengukuran menggunakan meteran pita. Meteran yang mudah untuk digunakan dan harus menyentuh kulit.

Rincian Tinggi Fundus Uteri

Tinggi fundus uteri akan bertambah sesuai usia kehamilan. Pada usia 22-28 minggu adalah 24 sampai 25 cm. Nanti di usia 30 minggu sudah 29,5 cm dan setiap dua minggu pertambahan tinggi fundus bertambah pula minimal 1 cm. Seiring dengan kenaikan tinggi fundus berat badan Anda juga akan bertambah selama kehamilan. 

Jangan sampai fundus Anda ukurannya tidak normal atau lebih kecil dari tinggi fundus pada umumnya. Jika Anda mengalami ini maka usia kandungan kemungkinan lebih kecil dari yang diperkirakan jadi dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan air ketuban. Tindakan ini perlu untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan anak agar penanganan pun cepat dilakukan. 

Tujuan mengukur tinggi fundus uteri untuk mengetahui usia kehamilan yang masih saja dipercaya akurat oleh orang-orang tertentu. Usia kehamilan ini sangat membantu Anda melakukan persiapan lahiran. Anda harus melakukan pengukuran dengan tepat dan meminta bantuan dari bidan. Jaga-jaga siapa tahu di rumah sendirian tentu memerlukan bantuan seseorang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.